DASAR TEORI CHLOROPHYTA

1.      Ciri-ciri umum
a.       Berwarna hijau, karena mengandung kloroplas (plastid yang berwarna hijau) dengan butir-butir pirenoid ditengahnya. Bentuk kloroplas ini pada beberapa genus berlainan, seperti bentuk spiral (spirogyra), bentuk jala (hydrodiction), bentuk bintang (zygnema), bentuk ladam (ulothrix), dan butiran atau himpunan klorofil yang tak teratur.
b.      Butir-butir pirenoid berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan amilum (pati). Dalam pengamatan mikroskop, pirenoid tampak sebagai butiran yang memantulkan cahaya berada di tengah-tengah kloroplas.
c.       Sel-sel alga hijau sudah bersifat eukarion atau memiliki dinding nucleus. Tubuhnya ada yang bersel satu (chlorella), berkoloni (volvox), dan bersel banyak membentuk benang ( spirogyra), berbentuk lembaran (ulva) da nada yang serupa rumput (chara). (Suroso, 1992)
2.      Perkembangbiakan
a.       Perbanyakan vegetatif
Yang dimaksud dengan perbanyakan vegetatif diantaranya ialah :
1)      Pembelahan sel sehingga menyebabkan pertambahan sel koloni
2)      Karena suatu sebab koloni pecah
3)      Pada pembentukan zoospore, aplanospora, dan zoogamet, bagian tertentu dari    benang alga putus karena selnya menjadi kosong.
b.      Pembiakan aseksual
Zoospora
Spora kembar
Aplanospora
Sebagau pengganti zoospore dan tidak mempunyai flagel, dapat di interpretasikan sebagai zoospore yang gagal dimana fase bergeraknya telah ditinggalkan
Hydrospora
Aplanospora yang mempunyai dinding tebal
Autospora
Jika aplanospora bentuknya sama dengan sel induknya
Akinete
Sel vegetatif yang berkembang menjadi stadium yang menyerupai spora dengan dinding yang tebal dan mempunyai sejumlah makanan cadangan.

c.       .Pembiakan seksual
Isogami
Peleburan antara gamet yang berflagel dan tak bisa dibedakan secara morfologi antara gamet jantan dan gamet betina
Anisogami
Peleburan antara dua gamet yang berflagel yang besarnya tidak sama. Yang lebih kecil gamet jantan yang lebih besar gamet betina
Oogami
Peleburan antara gamet berflagel jantan yang kecil(anterozoid) dengan gamet betina yang tidak berflagel (telur)

d.      Habitat

Chlorophyta banyak hidup di perairan tawar, laut dan tempat-tempat lembab.Bahkan banyak yang membentuk simbiosis dengan tumbuhan lain (lichens).Yang hidup di perairan sebagai fitoplankton, penting artinya dalam perikanan (Suroso dkk , 2014)












#BIOLOGI #MAHASISWA BIOLOGI #MAHASISWIBIOLOGI #TUGASBIOLOGI #BILOGYTASK #LOVEBIOLOGI  #ARTIKELBIOLOGI #ARTIKELMAKHLUKHIDUP
#ALGAHIJAU #TUGASALGAHIJAU #RESUMEALGAHIJAU #RESUMECHLOROPHYTA

Komentar

  1. daftar pustaka nya kok ga ada, alangkah baik nya jika di buat biar lengkap

    BalasHapus
  2. alangkah baik nya jika ada dafar pustaka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBUATAN 100 ml LARUTAN ALKOHOL DENGAN KONSENTRASI 50%

makalah yoghurt

UJI BENEDICT