Louis XIV dari Perancis


yuk liat siapa Louis XIV itu?? apa yang membuat ia dikenang sama bangsa perancis??
(doc.tugas)


Lukisan Louis XIV dari Perancis oleh Hyacinthe Rigaud (1701)

       Louis XIV (bahasa Perancis: Louis-Dieudonné; lahir 5 September 1638 – meninggal 1 September 1715 pada umur 76 tahun) adalah raja Perancis dan Navarre yang dinobatkan pada 14 Mei 1643 dalam usia lima tahun. Ia baru mulai berkuasa penuh sejak wafatnya menteri utamanya (Perancis: Premier Ministre), Jules Cardinal Mazarin pada tahun 1661. Louis XIV dijuluki juga sebagai Raja Matahari (Perancis: Le Roi Soleil) atau Louis yang Agung (Perancis: Louis le Grand, atau Le Grand Monarque). Ia memerintah Perancis selama 72 tahun, masa kekuasaan terlama monarki di Perancis dan Eropa.
Louis XIV meningkatkan kekuasaan Perancis di Eropa melalui tiga peperangan besar: Perang Perancis-Belanda (bahasa Inggris: 'Franco-Dutch War'), Perang Aliansi Besar (Inggris: War of the Grand Alliance), dan Perang Suksesi Spanyol (Inggris: War of the Spanish Succession) antara 1701 - 1714. Louis XIV berhasil menerapkan absolutisme dan negara terpusat. Ungkapan "L'État, c'est moi" ("Negara adalah saya") sering dianggap berasal dari dirinya, walaupun ahli sejarah berpendapat hal ini tak tepat dan kemungkinan besar ditiupkan oleh lawan politiknya sebagai perwujudan stereotipe absolutisme yang dia anut. Seorang penulis Perancis, Louis de Rouvroy, bahkan mengaku bahwa ia mendengar Louis XIV berkata sebelum ajalnya: "Je m'en vais, mais l'État demeurera toujours" ("saya akan pergi, tapi negara akan tetap ada").
Louis XIV naik tahta beberapa bulan sebelum ulang tahun kelima, tapi setelah minoritas yang ditandai oleh pemberontakan Fronde (1648-1653), dia secara pribadi mengandaikan kontrol pemerintah sampai kematian menteri utama nya Kardinal Mazarin, pada tahun 1661. Dibutuhkan lebih dari Ketua Menteri. Monarch, ia menekankan peran langsung di negara setelah kematian menteri kuat Colbert (1683) dan Louvois (1691). Kekuasaannya ditandai puncak pembangunan absolutisme kerajaan berabad-abad oleh hak ilahi. otoritas mutlak meluas dengan akhir pemberontakan aristokrat besar, anggota parlemen, Protestan dan petani, yang menandai kehidupan kerajaan selama lebih dari satu abad. Kekurangannya adalah, hampir menghilangkan kebebasan pers, membatasi arus pendapat termasuk sastra atau keagamaan.

Louis XIV mengambil diplomasi dan perang di kesenangan dan meningkatkan wilayah Perancis dan kekuatannya di Eropa dengan beberapa seri perang Eropa. Dia telah memperkuat kota-kota ditaklukkan oleh Vauban dan sekitarnya dan batas-batas baru "sabuk besi" mereka dalam kerangka "rumput" teritorial yang streamlines dan redraws batas-batas negara.

aturan pribadinya juga bertepatan dengan upaya pembangunan ekonomi, komersial dan kolonial, dipimpin terutama oleh menteri nya Colbert, komponen ekonomi pencarian untuk keunggulan Prancis. Prestise budaya ditegaskan oleh adanya figur-figur artistik dilindungi oleh patronase kerajaan, seperti Molière, Racine, Boileau, Lully, Le Brun dan Le Notre. Lain-lain, lebih mandiri, seperti penyair La Fontaine, filsuf Blaise Pascal, Madame berkenaan dgn tulisan de Sevigne, La Bruyere moralis atau memoirist Saint-Simon juga merupakan puncak sejarah pemerintahan klasisisme Perancis. Di bawah pemerintahannya, Prancis memperoleh prestise aturan ekonomi, politik dan militer Eropa dari Perancis, orang-orangnya, bahasa yang digunakan oleh elit dan di semua pengadilan di Eropa dan tentu saja raja bisa, pada masa hidupnya, untuk berbicara tentang "usia Louis XIV," model pada abad Pericles dan Augustus, atau "Grand Siècle".

Raja juga menempatkan di tempat sebuah negara yang tersentralisasi dan absolut.
Dia berjalan setelah 1682 karena istana luas Versailles, ia memerintahkan pembangunan. Ini, terakhir istana model arsitektur Eropa, adalah bagian dari label yang canggih untuk yang menyampaikan bangsawan pengadilan, dia memegang erat-erat di tangan dengan dia. Louis XIV juga mengurangi peran Parlemen, menindas pemberontakan petani antifiscales, memelihara kebuntuan panjang dengan Jansenis dan mengambil keputusankontroversialpencabutan Maklumat Nantes padatahun1685.                                                                          

Akhir pemerintahan yang panjang itu dirusak oleh eksodus Protestan dianiaya oleh serangkaian kemunduran militer, kelaparan tahun 1693 dan dari 1709 yang hampir dua juta kematian, menyebabkan pemberontakan oleh perang dan Camisards oleh banyak kematian dalam keluarga kerajaan. Namun Kabupaten penggantinya, Louis XV, berusia lima tahun setelah kematian kakek buyutnya, berjalan lancar, yang mencerminkan stabilitas kerajaan yang didirikan oleh raja.

Dihuni oleh gagasan kemuliaan-Nya dan hak ilahi-Nya, ingin mencapai melanjutkan nya "bisnis sebagai raja, Louis XIV menjadi raja absolut tipikal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBUATAN 100 ml LARUTAN ALKOHOL DENGAN KONSENTRASI 50%

makalah yoghurt

UJI BENEDICT