LEARNING & DEVELOPMENT

Haloo..
saya akan share beberapa hal setelah saya lulus kuliah dari jurusan Biologi.
Tidak pernah ada yang menyangka bahwa saya justru masuk ke perusahaan wiring harness yang tidak ada hubungan sama sekali dengan biologi. Tapi karena basic saya adalah pendidikan, maka saya dipercaya menjadi seorang trainer nih.


Image result for trainer training

tugas nya sama2 mengajar... apa yang berbeda?
DIVISI ini di perusahaan biasa disebut 

LEARNING AND DEVELOPMENT

Yaitu divisi yang fokus Pembelajaran dan pengembangan, bagian dari SDM, bertujuan untuk meningkatkan kinerja kelompok dan individu dengan meningkatkan dan mengasah keterampilan dan pengetahuan. Pembelajaran dan pengembangan, sering disebut pelatihan dan pengembangan, membentuk bagian dari strategi manajemen bakat organisasi dan dirancang untuk menyelaraskan tujuan dan kinerja kelompok dan individu dengan keseluruhan visi dan sasaran organisasi.

Pada tingkat praktis, individu yang bertanggung jawab untuk pengembangan bakat harus mengidentifikasi kesenjangan keterampilan di antara kelompok dan tim (seringkali melalui tujuan SMART, wawancara satu-ke-satu dan penilaian kinerja) dan kemudian menemukan pelatihan yang sesuai untuk mengisi kesenjangan ini.

Pengadaan merupakan bagian penting dari proses pelatihan dan pengembangan karena penyedia pelatihan harus hemat biaya dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pelatihan yang baik memberikan individu dengan alat dan keterampilan dan menunjukkan kepada mereka bagaimana menerapkan alat dan keterampilan baru ini dalam organisasi dan peran mereka sendiri.

5 Trend Learning & Development 
 

1. Mulai Dari Atasan Hingga Bawahan

Waktu yang ada pada sekarang ini terasa sangat tidak cukup dalam sehari, dalam sebuah perusahaan pembelajaran dalam pelatihan dan pengembangan sering kali tidak diutamakan demi pekerjaan yang dilakukan. Pada tahun ini pastikan bahwa perusahaan tempat anda bekerja memiliki budaya belajar yang positif, untuk memastikan ini diperlukan pentingnya keterlibatan dari bagian atasan perusahaan, seperti bagian eksekutif, manajer, dan bagian penyedia dalam perencanaan visi misi perusahaan. Bagian tersebut perlu ada pemahaman tentang kebutuhan untuk pengembangan bagi karyawan, percaya kepada sumber daya manusia yang tersedia dan untuk mendukung pengembangan karyawan perlu diinvestasikan perusahaan.

2. Dukungan yang Nyata oleh Perusahaan

Ada beberapa perusahaan tidak mendukung pembelajaran untuk pengembangan karyawan membiarkan karyawan berkembang sendiri, karena perusahaan berpikir bahwa pembelajaran seperti ini akan membutuhkan waktu dan uang sehingga perusahaan tidak melakukan perkembangan bagi karyawannya. Padahal, tidak semua pelatihan dalam pembelajaran pengembangan karyawan menyita waktu dan uang yang terlalu besar. Terdapat ketersediaan contoh pelatihan, seperti kursus pelatihan online, buku, dan sumber gratis lainnya, selalu ada solusi untuk efektifitas biaya dan waktu untuk melakukan pembelajaran pengembangan karyawan bagi karyawan.
Perusahaan seharusnya mendukung perkembangan keterampilan karyawan dengan membantu karyawan perusahaan anda menulis rencana pengembangan pribadi dan profesional. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan dan menjadi lebih percaya diri dalam bekerja di perusahaan.

3. Menyesuaikan Kebutuhan Karyawan akan Pelatihan yang Diberikan

Seperti yang diketahui, dalam merekrut karyawan baru membutuhkan waktu dan uang, maka dari itu jika perusahaan menemukan karyawan yang terbaik, penting bagi perusahaan menunjukan bahwa perusahaan berinvestasi pada karyawan tersebut.
Perbedaan dalam penyesuaian pembelajaran pelatihan diperlukan untuk menunjukan bahwa perusahaan berinvestasi dalam pengembangan karyawan, dalam hal penyesuaian pembelajaran dengan satu ukuran untuk semua karyawan tidak akan menjadikan tolak ukur keberhasilan pelatihan pembelajaran  pengembangan karyawan untuk sebuah perusahaan. Oleh karena itu, untuk menghasilkan peran keterampilan karyawan dalam sebuah perusahaan perlu ditingkatkan strategi peluang belajar, dan alat yang dibutuhkan karyawan sesuai dengan peran karyawan pada sebuah perusahaan tersebut.
Rencana dalam melakukan pembelajaran harus dilakukan penyesuaian untuk setiap karyawan yang akan dipekerjakan untuk mencapai keterampilan sebagai bahan pertimbangan kemajuan perusahaan. Contoh   rencana yang akan membantu perusahaan, seperti berikut ini:
  • Karyawan dapat membuat rencana pribadi pengembangan yang meningkatkan karir karyawan.
  • Karyawan harus mengetahui letak peluang pengembangan dirinya.
  • Memberikan inspirasi kepada karyawan untuk mencapai promosi di perusahaan anda dan bukan di perusahaan lain.
Jika perusahaan melakukan banyak upaya dalam melakukan pengembangan bagi karyawannya, maka karyawan akan semakin berkomitmen, puas, inovatif dan produktif.

4. Penggunaan Model Pembelajaran 70:20:10

Dalam mencapai tujuan pengembangan pembelajaran karyawan dan mengidentifikasi dengan lebih baik keterampilan yang ada pada karyawan dapat menggunakan rincian 70:20:10, rincian ini menggambarkan solusi belajar secara proposional untuk membantu memaksimalkan pembelajaran, maka rincian tersebut seperti berikut:
  • 70% berasal dari pengetahuan karyawan dari pengalaman, contohnya berupa pengalaman pekerjaan atau pengalaman hidup.
  • 20% berasal dari pengetahuan karyawan dari orang lain, contohnya interaksi karyawan dengan teman sebaya dan lingkungan sosial.
  • 10% berasal dari pengetahuan karyawan dari kursus yang pernah dilakukan, seperti kursus pelatiahan online ataupun tatap muka.

5. Akses Learning and Development

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada kesalah pemikiran bagi beberapa perusahaan bahwa pembelajaran pengembangan karyawan membutuhkan waktu dan uang yang menyulitkan, padahal teknologi telah dapat membuat sebuah pengembangan karyawan dalam menemukan solusi biaya dan waktu yang lebih hemat dan menjadikan lebih mudah dari sebelumnya. Oleh sebab itu, perusahaan seharusnya menemukan alternatif, yang akan memberi para karyawannya pengembangan pembelajaran yang berkualitas tinggi dan menghemat waktu serta biaya. Alternatif yang perlu dipertimbangkan, seperti kursus pelatihan online arau E-learning yang merupakan cara terbaik untuk karyawan belajar sesuai dengan cara karyawan itu sendiri.


Fungsi L & D keseluruhan
Secara umum, kepala L & d sering seseorang yang memberikan dan menyusun program dalam perusahaan. Pemimpin L&D bertanggung jawab untuk merancang strategi keseluruhan untuk perusahaan dan karyawannya. Program pelatihan ini dapat dilakukan secara internal dengan manajemen puncak atau dengan vendor eksternal tergantung pada keterampilan yang dibutuhkan. Paling sering, Anda juga diharapkan untuk memastikan bahwa program pembelajaran dan pengembangan yang diterapkan menghasilkan pengembalian investasi yang dapat diterima. Ini sangat penting dalam adegan ketenagakerjaan yang didorong oleh para kandidat di Indonesia. Karena semakin banyak kandidat yang disajikan dengan beberapa tawaran pekerjaan, pembelajaran dan pengembangan telah muncul sebagai salah satu strategi retensi kunci untuk bakat-bakat top.

Pengalaman yang Anda butuhkan
Untuk mengamankan peran sebagai kepala L&D, Anda harus memegang peran spesialis senior dalam fungsi ini, lebih disukai dengan pengalaman dalam melayani basis klien senior. Karena sebagian besar klien memerlukan program pembelajaran dan pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran karyawan di industri mereka, pengalaman dalam industri yang relevan juga merupakan keuntungan.

Tanggung jawab sehari-hari
Sebagai kepala pembelajaran dan pengembangan, Anda akan melaporkan kepada direktur SDM dan diharapkan untuk mempengaruhi dewan dan manajer senior di semua tingkatan untuk mengadopsi dan mendukung pendekatan yang efektif untuk pembelajaran dan pengembangan. Anda juga akan terlibat dalam perencanaan suksesi dan manajemen bakat di perusahaan Anda. Peran kepala dalam L & D adalah peran manajemen strategis. Oleh karena itu, para profesional ini diharuskan untuk bertemu dengan para kepala organisasi secara teratur dan mengelola tim. Anda juga perlu mengandalkan tokoh manajemen dan SDM senior untuk menyelaraskan strategi pembelajaran dan pengembangan secara keseluruhan dengan tujuan bisnis perusahaan yang lebih luas.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBUATAN 100 ml LARUTAN ALKOHOL DENGAN KONSENTRASI 50%

makalah yoghurt

UJI BENEDICT